Metodologi
Berorientasi Objek
Tanpa basa basi, metodologi merupakan sekumpulan aturan/panduan penerapan dan
sekumpulan heuristic untuk menentukan kapan suatu tahapan dianggap lengkap.
Dalam MBO terdapat istilah tahapan yang merupakan batas fase perkembangan pada
siklus hidup perangkat lunak. Tahapan awal pengembangan suatu perangkat lunak
hendaknya mencerminkan persoalan-persoalan nyata, dan tahapan akhir
mencerminkan hasil/produk. Suatu metode dianggap baik apabila menyediakan
produk terdefinisi untuk setiap tahapan (chart, diagram checklist) dan menggunakannya
sebagai tool yang benar.
Suatu proses dalam suatu metodologi dianggap baik apabila :
• Menyediakan mekanisme semi-otomatis dalam pencarian konsep persoalan yang
akan dipecahkan.
• Menyajikan mekanisme pengujian di setiap tahapan proses.
* Pemograman Berorientasi Objek
Berorientasi objek merupakan sebuah paradigma yang menggunakan objek sebagai abstraksi dunia nyata, dalam lingkup berorientasi objek dikenal beberapa
istilah :
** Objek
Sebuah objek adalah suatu entitas yang memiliki identitas,status dan prilaku.
pada pemograman berorientasi objek, objek adalah sebuah entitas pada saat
runtime, sebuah objek dapat diciptakan, dimanipulasi, dan dimusnahkan.
** Class
Class merupakan sekumpulan objek yang memiliki attribute yang sama, attribute
disini bisa berupa data atau konstanta/property misalnya pendefinisian static
pada bahasa c++. Pada class terdapat 2 jenis member yaitu: Data Member
(representasi internal class) dan function member. Member –member pada class
memiliki beberapa hak akses, diantaranya:
1. Public (dapat diakses oleh fungsi diluar kelas.
2. Private
3. Protected
4. Friend
Dalam pemograman class ini dapat diumpamakan: Class
Vs Object = Type Vs Variabel
Beberapa karakter dalam pemograman berorientasi objek :
1. Abstraksi
2. Enkapsulasi (information hiding/pembungkusan)
3. Pewarisan / Inheritance
4. Reusability
5. Spesialisasi
6. Generalisasi
7. Komunikasi antar objek
8. Polimorphisme (Pemanipulasian objek secara seragam dengan tipe yang
berbeda).
Beberapa keunggulan dari pemograman berorientasi objek adalah
:
1. Meningkatkan produktivitas
2. Meningkatkan kecapatan pengembangan
3. Meningkatkan Kualitas
4. Kemudahan dalam pemeliharaan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar