Kamis, 07 Maret 2013

metode berorientasi objek

Metodologi Berorientasi Objek

Tanpa basa basi, metodologi merupakan sekumpulan aturan/panduan penerapan dan sekumpulan heuristic untuk menentukan kapan suatu tahapan dianggap lengkap. 
Dalam MBO terdapat istilah tahapan yang merupakan batas fase perkembangan pada siklus hidup perangkat lunak. Tahapan awal pengembangan suatu perangkat lunak hendaknya mencerminkan persoalan-persoalan nyata, dan tahapan akhir mencerminkan hasil/produk. Suatu metode dianggap baik apabila menyediakan produk terdefinisi untuk setiap tahapan (chart, diagram checklist) dan menggunakannya sebagai tool yang benar.


Suatu proses dalam suatu metodologi dianggap baik apabila :
• Menyediakan mekanisme semi-otomatis dalam pencarian konsep persoalan yang akan   dipecahkan.
• Menyajikan mekanisme pengujian di setiap tahapan proses.


* Pemograman Berorientasi Objek

 Berorientasi objek merupakan sebuah paradigma yang menggunakan objek sebagai     abstraksi dunia nyata, dalam lingkup berorientasi objek dikenal beberapa istilah :

** Objek

   Sebuah objek adalah suatu entitas yang memiliki identitas,status dan prilaku. pada pemograman berorientasi objek, objek adalah sebuah entitas pada saat runtime, sebuah objek dapat diciptakan, dimanipulasi, dan dimusnahkan.

** Class

    Class merupakan sekumpulan objek yang memiliki attribute yang sama, attribute disini bisa berupa data atau konstanta/property misalnya pendefinisian static pada bahasa c++. Pada class terdapat 2 jenis member yaitu: Data Member (representasi internal class) dan function member. Member –member pada class memiliki beberapa hak akses, diantaranya:
1. Public (dapat diakses oleh fungsi diluar kelas.
2. Private
3. Protected
4. Friend
Dalam pemograman class ini dapat diumpamakan: Class Vs Object = Type Vs Variabel

Beberapa karakter dalam pemograman berorientasi objek :

1. Abstraksi
2. Enkapsulasi (information hiding/pembungkusan)
3. Pewarisan / Inheritance
4. Reusability
5. Spesialisasi
6. Generalisasi
7. Komunikasi antar objek
8. Polimorphisme (Pemanipulasian objek secara seragam dengan tipe yang berbeda).


Beberapa keunggulan dari pemograman berorientasi objek adalah :

1. Meningkatkan produktivitas
2. Meningkatkan kecapatan pengembangan
3. Meningkatkan Kualitas
4. Kemudahan dalam pemeliharaan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar