UML USE CASE
Pengertian :
● Use case class digunakan untuk memodelkan dan
menyatakan unit fungsi/layanan yang disediakan oleh sistem (atau bagian sistem:
subsistem atau class) ke pemakai.
● Use case dapat dilingkupi dengan batasan sistem yang
diberi label nama sistem.
● Use case adalah sesuatu yang menyediakan hasil yang
dapat diukur ke pemakai atau sistem eksternal.
Karakteristik :
– Use cases adalah interaksi atau dialog antara sistem
dan actor, termasuk pertukaran pesan dan tindakan yang dilakukan oleh sistem.
– Use cases diprakarsai oleh actor dan mungkin melibatkan
peran actor lain. Use cases harus menyediakan nilai minimal kepada satu actor.
– Use cases bisa memiliki perluasan yang mendefinisikan
tindakan khusus dalam interaksi atau use case lain mungkin disisipkan.
– Use case class memiliki objek use case yang disebut
skenario. Skenario menyatakan urutan pesan dan tindakan tunggal.
Komponen
Pembentuk Use Case Diagram :
1. Actor
Pada dasarnya actor bukanlah bagian dari use case diagram, namun untuk dapat terciptanya suatu use case diagram diperlukan beberapaactor. Actor tersebut mempresentasikan seseorang atau sesuatu (seperti perangkat, sistem
lain) yang berinteraksi dengan sistem. Sebuah actor mungkin hanya memberikan
informasi inputan pada sistem, hanya menerima informasi dari sistem atau
keduanya menerima, dan memberi informasi pada sistem. Actor hanya berinteraksi dengan use case, tetapi tidak memiliki
kontrol atas use case. Actor digambarkan dengan stick
man . Actor dapat digambarkan secara secara umum atau spesifik, dimana untuk
membedakannya kita dapat menggunakan relationship
2. Use Case
Use
case adalah gambaran fungsionalitas dari suatu
sistem, sehingga customeratau pengguna sistem paham dan mengerti
mengenai kegunaan sistem yang akan dibangun.
Catatan : Use case diagram adalah
penggambaran sistem dari sudut pandang pengguna sistem tersebut (user),
sehingga pembuatan use case lebih dititikberatkan pada
fungsionalitas yang ada pada sistem, bukan berdasarkan alur atau urutan
kejadian.
Cara
menentukan Use Case dalam suatu sistem:
a. Pola
perilaku perangkat lunak aplikasi.
b. Gambaran
tugas dari sebuah actor.
c. Sistem
atau “benda” yang memberikan sesuatu yang bernilai kepadaactor.
d. Apa yang dikerjakan oleh suatu perangkat
lunak (*bukan bagaimana cara mengerjakannya).
Gambar Use Case
Relasi
dalam Use Case
Ada
beberapa relasi yang terdapat pada use case diagram:
1. Association,
menghubungkan link antar element.
2. Generalization, disebut
juga inheritance (pewarisan), sebuah elemen dapat merupakan
spesialisasi dari elemen lainnya.
3. Dependency,
sebuah element bergantung dalam beberapa cara ke element lainnya.
4. Aggregation,
bentuk assosiation dimana sebuah elemen berisi elemen lainnya.
Tipe
relasi/ stereotype yang mungkin terjadi pada use case
diagram:
1. <<include>> ,
yaitu kelakuan yang harus terpenuhi agar sebuah eventdapat terjadi, dimana pada kondisi ini
sebuah use
case adalah
bagian dari use
case lainnya.
2. <<extends>>,
kelakuan yang hanya berjalan di bawah kondisi tertentu seperti menggerakkan
alarm.
3. <<communicates>>,
mungkin ditambahkan untuk asosiasi yang menunjukkan asosiasinya adalah communicates association . Ini merupakan pilihan selama asosiasi
hanya tipe relationship yang dibolehkan antara actor dan use case.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar